Pada tahun 1974 di kecamatan Sumbermanjing wetan tepatnya di desa Harjokuncaran berdiri Satu sekolah kejuruan Pendidikan Guru Agama (PGA 4 tahun ) dengan kepala sekolah bapak Ismail Abdul Kadir, BA dari Sumbawa.

Kemudian pada tahun 1978 ada peraturan pemerintah bahwa PGA hanya dipusatkan di PGA Negeri Malang, maka sejak saat itulah PGA 4 tahun Harjokuncaran diganti dengan SMP Darul Ulum dengan kepala sekolah bapak M. Ghufron Busro, BA dari Jombang selama 2 tahun ( 1978 s/d 1980 ) karena bapak M. Gufron Busro, BA kembali ke Jombang, maka kepala sekolah dipegang oleh bapak M. Sairi, BA dari Pujon dari tahun 1980 s/d 1982, disamping meneruskan SMP Darul Ulum pada tahun 1980 juga dimulai MTsN Filial ( kelas jauh ) Malang II di Harjokuncaran yang dipimpin oleh bapak Imam Asy’ari, BA dari MTsN Malang II, kemudian pada tahun 1985 bapak Imam Asy’ari ditarik kembali ke MTsN Malang II dan pimpinan Filial diganti oleh bapak Anwari, BA dari Gedok hingga tahun 1989, tepatnya pada tahun tersebut bapak Anwari, BA diangkat menjadi Penilik Pendidikan Agama Islam ( PPAI ) wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan pimpinan MTsN Filial dijabat oleh bapak Drs. Imam Basori dari Kepanjen hingga tahun 1993 berakhirnya MTsN Malang II di Harjokuncaran.

Pada tahun tersebut ( 1993 ) tepatnya pada 24 Oktober terjadi perubahan status dari MTsN Filial menjadi MTs Negeri penuh, dan pimpinan ( kepala ) bapak Drs. Imam Basori hingga tahun 2001, bapak Drs. Imam Basori dimutasi ke MTsN Malang III di Gondanglegi dan kepala MTs Negeri Harjokuncaran dijabat oleh bapak Drs. Mahfudh Shodar dari Tuban hingga 03 Desember 2003, Bapak Drs. Mahfudh Shodar dimutasi ke MTsN Lawang dan kepala MTs Negeri Harjokuncaran dijabat oleh bapak H. Moch. Sodiq, M.Ag dari MTs N Malang III Gondanglegi mulai 01 Oktober 2003 hingga 01 Oktober 2009 dan di mutasi ke MAN Turen. Dan selanjutnya kepala MTs Negeri Harjokuncaran dijabat oleh bapak H Moh. Amrun, M. Ag. dan selanjutnya kepala MTs Negeri Harjokuncaran dijabat bapak H. Iswiaji S.Pd.I. dari MTs N Malang III Gondanglegi, berikutnya dijabat bapak Dr Khairul Anam M. Ag. dan sekarang dijabat oleh bapak Drs. Ahmad Ali M. M. dari Kepala MAN Turen sampai sekarang.

WhatsApp chat