MTs Negeri 4 Malang Gelar Penilaian Tengah Semester Berbasis Komputer

Harjokuncaran – Inovasi dan Langkah maju kembali digagas oleh MTs Negeri 4 Malang, selain mendidik siswa/siswinya untuk menjadi anak yang berkualitas, juga sebagai bentuk kepedulian tinggi memajukan dunia pendidikan wilayah Malang selatan MTs Negeri 4 Malang melaksanakan Penilaian Tengah Semester berbasis komputer mulai Senin (1/10). ‘’Ini pertama kali kita melaksanakan Penilaian Tengah Semester berbasis komputer, ,’’ ujar Waka Kurikulum MTs N 4 Malang, Maslikati.

‘’Hal itu guna menjawab tantangan Kurikulum 2013 yang menuntut kecepatan sekolah menyesuaikan diri dengan perkembangan dan mencapai MTs Negeri 4 Malang yang dapat bersaing dalam menciptakan generasi yang unggul,’’lanjutnya. PTS CBT yang dilaksanakan memudahkan guru dalam evaluasi pembelajaran, dan di sisi lain membantu siswa untuk segera mengetahui pencapaian nilai kognitif dan merencanakan remidialnya.

Sejak tahun 2017 MTs Negeri 4 Malang telah menambah laboratorium komputernya menjadi 3 lab yang dapat menampung sekitar 115 unit komputer dan didukung dengan SDM yang mumpuni dalam melaksanakan kegiatan berbasis IT

Tujuan lain dari kegiatan ini yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan siswa kelas IX guna menghadapi UNBK. ‘’Alhamdulillah tingkat kejujuran siswa meningkat dibandingkan dengan ulangan berbasis kertas,’’ tambah admin CBT MTs Negeri 4 Malang, Kristiana Agung.

Salah seorang siswa Kelas IX, M Calvin mengaku senang dengan pelaksanaan UTS berbasis komputer ini. Selain lebih ringkas, juga tidak ada contek menyontek dan tidak membutuhkan kertas.”Cara kerjanya juga sangat mudah pengoperasiannya. Selain itu kita juga semakin familiar dalam mengoperasikan komputer sehingga akan memudahkan kita ketika nanti menghadapi UNBK,” tutur siswa dari kelas IX UG 1 ini. (DMA)