Ratusan Siswa SD/MI Se Kecamatan Sumbermanjing Ikuti Tryout di MTs Negeri 4 Malang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Harjokuncaran – Untuk yang kesekian kalinya, MTs Negeri 4 Malang menggelar try out Ujian Sekolah (US)  untuk siswa siswi SD/MI di wilayah kecamatan Sumbermanjing Wetan.  Seperti biasanya peserta selalu membludak di setiap kegiatan tryout yang dilaksanakan oleh madrasah yang terletak di desa Harjokuncaran ini. Ratusan peserta memenuhi lapangan MTs Negeri 4 Malang,  Sabtu (9/2), saat apel pembukaan.

Dalam apel tersebut,  Kepala Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sumbermanjing Wetan Nanang Kuswantoro, S.Pd, M.M menghimbau agar peserta tryout dapat memanfaatkan moment ini untuk mengasah kemampuan sebelum menghadapi USBN, beliau juga mengatakan agar peserta tryout dengan semangat mengikuti ajang ini karena setiap peserta yang berhasil mendapatkan nilai terbaik akan mendapatkan Trophy dan juga uang pembinaan dari panitia, ” ucapnya.

 

Usai apel, para peserta memasuki ruangan kelas yang telah disediakan. Tepat pukul 07.15 WIB kegiatan tryout dimulai. Try Out kali ini,  para peserta akan mengerjakan tiga mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah.  Yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.

Sebelum hasil tryout dimumkan, para peserta disuguhi oleh penampilan beberapa ekstrakurikuler yang ada di MTs Negeri 4 Malang antara lain, Band, Pramuka dan juga Pencak Silat

Sementara, siswa mengerjakan soal,  para orang tua dan guru pendamping dari masing-masing sekolah disediakan tempat untuk menunggu. Liswadi, S.pd salah seorang dari guru pendamping mengungkapkan, kegiatan tryout yang setiap tahun digelar MTs Negeri 4 Malang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kelas VI.

Kegiatan tersebut menjadi momentum untuk siswa belajar dan berlatih bagaimana menjawab soal ujian akhir sekolah.  “Manfaatnya banyak sekali.  Selain melatih siswa menjawab soal,  juga memberikan wadah untuk siswa kami bersosialisasi dengan siswa dari sekolah lain dan juga mengenal lebih lanjut tentang suasana belajar di lingkungan MTs, mengingat tidak akan lama lagi siswa akan lulus dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.  Ini akan menumbuhkan mental yang kuat dan menjadikan siswa mandiri,” ucap Guru SDN Harjokuncaran 2 ini.  (DMA)

 

More to explorer

%d bloggers like this: