Pembukaan Matsama 2019/2020 , Pembina Upacara Tekankan Pentingnya Semangat Belajar

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Harjokuncaran – Senin (15/7), berbagai sekolah di Malang Raya sudah memulai hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2019/2020. Tidak Terkecuali dengan MTsN 4 Malang, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Sebanyak kurang lebih 700 siswa MTsN 4 Malang mengikuti prosesi upacara pembukaan MATSAMA tahun pelajaran 2019/2020. Bertempat di lapangan MTsN 4 Malang, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, ratusan siswa yang hadir mengikuti upacara dengan semangat yang antusias.

MATSAMA sendiri merupakan istilah program orientasi siswa baru yang dilaksanakan di semua Madrasah termasuk MTsN 4 Malang. Menanggapi soal larangan pemerintah pusat melarang sekolah menerapkan orientasi siswa yang memberatkan bagi para siswa, MTsN 4 Malang merancang kegiatan masa orientasi siswa yang lebih bersifat edukatif sekaligus menghibur.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau MATSAMA ini mengajak para siswa barunya untuk mengenal lebih jauh kehiduan di lingkungan sekolah dengan kegiatan-kegiatan edukatif yang positif seperti; pendidikan karakter, pengenalan kurikulum dan cara belajar di madrasah, pendidikan berbangsa dan bernegara, hingga pengenalan ekstra kurikuler.

Bahkan, program kegiatan MATSAMA MTsN 4 Malang juga menyajikan acara seru dengan mengajak seluruh siswa barunya bersama-sama menyanyikan lagu-lagu wajib nasional.

Pada upacara penyambutan siswa baru tersebut, tak lupa H. Sholeh,S.Pd yang bertugas sebagai Pembina upacara menebarkan kalimat-kalimat motivasi bagi siswa supaya bersemangat dalam menuntut ilmu dan terus meningkatkan semangat belajar.

“semangat belajar harus terus ditingkatkan, gunakan prinsip hari ini harus lebih baik daripada kemarin!,” tutur H.Sholeh,S.Pd ketika memberi sambutan pada saat prosesi upacara.

Sebelum upacara berakhir, perwakilan siswa baru MTsN 4 Malang juga disematkan secara simbolis kartu identitas MATSAMA yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari ini.. Pihak madrasah berharap dengan pelaksanaan MATSAMA dapat secara mengeluruh memperkenalkan ke siswa baru tentang budaya kehidupan belajar di MTsN 4 Malang yang tentunya berbeda jauh dengan saat masih di SD. (DMA)

More to explorer

WhatsApp chat