Sehari Belajar di Luar Kelas, MTs Negeri 4 Malang Peringati Hari Anak Internasional

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dalam rangka memperingati Hari Anak Dunia, sekolah di Indonesia tak terkecuali MTs Negeri 4 Malang menggelar berbagai aktifitas terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas Pelaksanaan kegiatan di luar kelas tersebut dilakukan serentak di semua satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, MTS/SMP, SMA/MA dan SLB pada Kamis (7/11/2019).

Kepala MTs Negeri 4 Malang Drs Ahmad Ali, M.M mengatakan, Kegiatan tersebut sesuai surat edaran dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, tentang pelaksanaan sehari belajar di luar kelas dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional.

“Kegiatan anak ini saya apresiasi karena hari ini adalah hak mereka bukan hanya belajar dalam kelas tapi juga hak anak untuk bermain dan bersenang-senang,” Tegas Drs.Ahmad Ali, M.M saat memantau kegiatan peringatan Hari Anak di MTs Negeri 4 Malang, Kamis (7/11/2019).

Sementara itu Waka Kurikulum MTs Negeri 4 Malang Maslikati, S.Pd berujar, kegiatan ini untuk memberikan kesempatan peserta didik belajar di luar kelas dan merayakan harinya.

“Ini hari istimewa bagi anak untuk bersenang-senang dan ada beberapa kegiatan yang dikemas dengan menarik untuk dilaksanakan oleh peserta didik,” tutur Maslikati,S.Pd

Adapun jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang dilakukan serentak yakni, menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat dan dilanjutkan dengan melakukan permainan tradisional.

Salah satunya agenda penting di hari itu adalah simulasi siaga bencana bersama yang diikuti oleh seluruh siswa. Simulasi evakuasi atau siaga bencana dipimpin langsung oleh waka kurikulum MTs Negeri 4 Malang, yang sebelumnya juga diawali dengan menyanyikan yel yel ramah anak dan materi tentang UKS.

“Kita praktikan semua, seperti masuk kolong meja dan menjauhi kaca baru setelah bencana selesai keluar satu per satu mencari tempat teraman. Sampai dengan simulasi ketika terkena dampak bencana atau ketika ada yang terluka.  (DMA)

More to explorer

WhatsApp chat