Pentingnya Komunikasi Orang Tua dan Anak Sebagai Agenda Parenting Education Akhir Semester Ganji MTsN 4 Malang

Harjokuncaran – Dosen sekaligus motivator Jumat pagi (20/12) Dr. Umi Dayati, M.Pd kembali mengisi dalam acara Parenting Motivation Wali Murid di MTs Negeri 4 Malang.

Pendidikan diawali dari keluarga. Mereka adalah tempat pertama bagi pembentukan dan pendidikan anak. Melalui merekalah anak akan belajar nilai-nilai dan norma, tauladan yang baikpun menjadi keharusan orang tua dikarenakan anak-anak adalah peniru ulung.

Banyak hal atau ilmu yang disampaikannya antara lain, bagaimana menciptakan komunikasi dengan anak dan bagaimana pula anak yang menjadi generasi penerus memiliki kepedulian hingga pada akhirnya mereka tidak salah dalam memilih pergaulan. Memahami anak perlu dilakukan bagi orang tua sehingga tidak selalu yang diperbuat anak adalah salah.

Madrasah merumuskan misi “Mewujudkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah dan akhlakul karimah”, menjadi sebuah tantangan zaman di tengah mederenisasi. Drs. Ahmad Ali, M.M selaku Kepala Madrasah juga menegaskan bahwa pendidikan anak tidak cukup di madrasah saja, bahwa orang tua juga memiliki andil besar dalam menemani tumbuh kembang anak-anak mereka.(KA)