Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi di MTs Negeri 4 Malang.

Kab. Malang (MTsN 4 Malang)-Peningkatan kualitas dan kuantitas pelaksanaan pembelajaran numerasi dan literasi di Kab. Malang mulai digalakkan. Kamis, (27/5) guru-guru mapel Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tingkat MTs Se-KKM dihadirkan dalam rangka Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi di MTs Negeri 4 Malang.

Literasi merupakan suatu proses pembelajaran membaca dan menulis yang memerlukan dorongan dan motivasi yang tinggi, karena sangat lemahnya minat baca di masyarakat termasuk guru dan siswa yang harus banyak membaca untuk dapat menyerap dan memahami ilmu yang didapatnya.

Sedangkan numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 4 Malang Drs. Ahmad Ali, M.M dan diikuti oleh pengawas madrasah. Dalam pembukaan tersebut Bapak Kamad  menyampaikan banyak hal, salah satunya adalah penanaman karakter moderasi beragama di madrasah. Untuk tujuan itu guru bisa melakukan pendekatan kepada siswa melalui beberapa pendekatan, yaitu melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan. Selain itu guru sebagai ujung tombak di madrasah harus terus meningkatkan skill-skill pembelajaran yang dibutuhkan supaya para siswa bisa melanjutkan ke madrasah favorit.