Outing Class Sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa MTsN 4 Malang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kab. Malang (MTsN 4 Malang)-Kamis, (28/10) Program Kelas Agama MTsN 4 Malang melaksanakan kegiatan Outing Class dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Para Pembawa & Penyebar Islam di Jatim”.

Agenda yang diikuti oleh kelas khusus program Agama baik kelas 7 dan 8 tersebut diawali dengan menuju makam Sunan Ampel Surabaya serta beberapa wali di Jawa Timur, dalam rangka mengenal sosok-sosok pembawa agama Islam di Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur.

Setiap menuju makam, siswa dibekali beberapa sumber wacana yang disampaikan langsung oleh pendamping guru kelas mengenai asal usul dan riwayat perjuangan para penyebar agama Islam di tanah Jawa. Dengan melalui beberapa metode diantaranya melalui jalur pernikahan hingga jalur perdagangan, metode penyebaran tersebut dinilai sangat efektif dalam menyebarkan agama Islam.

Tak hanya sampai di sana saja, selain pengetahuan juga ada beberapa agenda antara lain dengan mengirimkan doa sebaga wujud penghormatan jasa-jasa para penyebar agama Islam di nusantara.

Siswa juga diberikan tata cara bagaimana mengamalkan fikih dengan menjalankan sholat berjamaah secara digabungkan dan disingkat (jama’ & qoshor).

Memerlukan waktu kurang lebih 24 jam, waktu tersebut sudah sangat cukup untuk memberikan pelajaran bagi siswa. “Kami sangat senang dengan agenda ini, karena disamping kita mendapat pengetahuan juga lebih banyak tahu lokasi-lokasi para penyebar agama Islam di tanah Jawa”, ujar Amel salah satu perwakilan kelas 9.

More to explorer