MTsN 4 Malang Ajak Siswa Kelas 9 Menapak Tilas Situs-Situs Jawa Tengah

Facebook
Twitter
LinkedIn

Kab. Malang (MTsN 4 malang)-Rabu, (19/01) siswa-siswi kelas 9 MTsN 4 Malang mengikuti agenda tour “Wisata Situs-Situs Bersejarah Di Jawa tengah”.

Didampingi oleh bapak ibu dewan guru, kegiatan yang dilaksanakan hampir tiga hari tersebut, bertujuan untuk menapak tilas situs-situs bersejarah mulai dari wisata Sangiran yang merupakan tempat situs purbakala. Lokasinya di Kabupaten Sragen-Jateng, Desa Sangiran termasuk jajaran 50 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Daya tarik wisata yang paling terkenal dari Desa Wisata Sangiran adalah Museum Purba Sangiran.

Situs Sangiran menyimpan kekayaan fosil-fosil purbakala, mulai dari fosil manusia purba, binatang-binatang purba, hingga hasil kebudayaan manusia praaksara. Namun, tidak hanya situs purbakala yang potensial, wisata sejarah di Desa Wisata Sangiran juga sangat lekat.

Tak terlewatkan juga, Candi Borobudor dan Prambanan menjadi tujuan tour daripada kegiatan tersebut. Ditambah lagi wisata religi dengan mengunjungi makam Raden Santri di Gunung Pring Kabupaten Magelang. Di atas bukit Gungung Pring setinggi 400 meter inilah Pangeran Singasari atau dikenal dengan Raden Santri salah satu putra dari Ki Ageng Pemanahan yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya V dimakamkan. Tak hanya itu saja, namun ada juga beberapa makam pemuka agama islam antara lain, Kyai Dalhar, Kyai Krapyak, Kyai Gus Jogo Rekso dll.

“Dalam agenda tour yang dikemas dengan kegiatan yang bersifat belajar di luar kelas ini, harapannya anak-anak (siswa) selain mendapatkan pengetahuan namun juga ada unsur relaksasinya agar siswa benar-benar menikmati”, Ujar Ahamad Nuri guru sekaligus koordinator tour tersebut.

More to explorer