Manasik Sebagai Langkah Awal Menuju Baitullah

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kab. Malang (MTsN 4 Malang)-Manasik haji merupakan hal penting yang perlu diperkenalkan kepada siswa-siswi sejak dini khususnya di MTs Negeri 4 Malang. Yang mana rangkkaian tersebut adalah termasuk dari rukun Islam yang ke lima.

Pada hari Selasa, (26/07) siswa-siswi MTsN 4 Malang diajak untuk mengikuti manasik haji di Islamic Center Kepanjen Kab. Malang. Diikuti oleh 63 Siswa dan beberapa guru pendamping, acara tersebut diagendakan setiap satu tahun sekali.

Selain program madrasah peduli saat ibadah penyembelihan hewan qurban, madrasah juga memiliki program manasik haji.

Budi Lestari selaku ketua pelaksana mengusulkan kegiatan tersebut untuk dilaksanakan di Islamic Center mengingat lokasi di sana hampir menyerupai bangunan yang ada di Makkah (Masjidil Haram).

Sebagai pemandu acara, Nur Salim selaku guru SKI di madrasah juga menghimbau kepada anak-anak untuk mengikuti ritual dengan baik sehingga dari masing-masing rukun maupun wajib haji berjalan dengan sempurna.

Pemberangkatan dimulai pada pukul 06.30 dan selesai hingga pukul 14.00 WIB. Siswa mengaku senang dengan diadakannya acara tersebut,”Tempat di sana luas dan mirip sekali dengan yang sesungguhnya, dan sampai hari inipun kita juga masih ingat langkah dan urutan-urutan dari pelaksanaan haji dan umroh” ujar Keyla saat diminta memberikan kesan.

Pelaksanaan manasik haji ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada siswa tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, memberikan pendidikan keislaman, serta dapat memberi motivasi bagi siswa untuk berniat melaksanakan ibadah haji di baitullah.

More to explorer