Siswa MTs Negeri 4 Malang Raih Medali Perunggu Di Kejurnas Pelajar VI Silat Perisai Diri (PD)

Kab. Malang (MTsN 4 Malang)- Pahlevi salah satu siswa MTsN 4 Malang Raih medali perunggu di ajang kejurnas pelajar VI silat Perisai Diri (PD).
Kejurnas pelajar VI silat Perisai Diri (PD) yang digelar di GOR Gajah Mada Kota Batu mulai 18-22 Desember 2022. Sebanyak 1.377 pesilat bertanding memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Piala KGPAA Paku Alam X. Para peserta yang berkompetisi berasal dari beberapa provinsi meliputi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Bali, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.
Kejuaraan memperebutkan piala bergilir ini digelar sejak 2012 lalu. Kompetisi ini sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Nomor-nomor yang dipertandingkan adalah tanding bebas Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), tanding versi Perisai Diri, kerapian teknik tangan kosong, kerapian teknik bersenjata dan seni tunggal IPSI.
Ketua Harian Pengurus Pusat PD, Nyoman Yamadhiputra menjelaskan, pihaknya ingin memberikan kontribusi untuk mengembangkan sport tourism. Untuk itu, penyelenggaraan kejurnas ini memilih daerah-daerah wisata, seperti Kota Batu.
“Ini kontribusi Perisai Diri kepada negara melalui olahraga silat dapat menggerakkan pariwisata,” ujar dia.
Ia mengatakan, pencak silat patut berbangga karena olahraga ini ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia. Seiring hal itu, berbagai kalangan mendorong agar pencak silat masuk gelanggang Olimpiade.
“Lestarikan budaya tradisi sekaligus ajang menorehkan prestasi. Kejurnas ini ajang untuk membentuk atlet-atlet berprestasi sehingga turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” ujar dia. (KA)