Kenalakan Lingkungan Wisata Dan Tempat Bersejarah MTsN 4 Malang Mengajak Siswa Studi Tour Ke Jogja

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Study tour adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan model berwisata ke tempat bersejarah atau ke tempat yang memiliki nilai edukasi di dalamnya sehingga siswa dapat memperoleh tambahan wawasan dan pengetahuan yang berguna serta memiliki semangat belajar dan dari segala yang diperoleh dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. Masih sama seperti tahun kemarin, MTsN 4 Malang mengadakan Study Tour dengan tujuan Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Study tour dilaksanakan mulai tanggal 21 Januari 2023 – 22 Januari 2023. Peserta yang mengikuti adalah seluruh peserta kelas IX dengan total seluruh siswa yang ikut 222 siswa dan 20 Guru & Staff Karyawan dengan menggunakan 5 bus. Tempat yang dikunjungi sebagai objek Study Tour diantaranya Makam Sunan Ampel Surabaya, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Obelix Hills, dan Malioboro.

Sebelum memulai kegiatan study tour, siswa-siswi berkumpul di lapangan sekolah untuk briefing (pengarahan), presensi dan pembagian bus. Keberangkatan rombongan Study Tour dimulai pada tanggal 21 Januari 2023 pada pukul 16.00 WIB dengan destinasi pertama Makam Sunan Ampel. Sesampainya di lokasi, kegiatan yang dilakukan adalah mengirim doa dan tahlil bersama serta ishoma. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Yogyakarta dengan destinasi kedua yaitu Candi Prambanan. Disana siswa-siswi MTsN 4 Malang diberikan berbagai pengetahuan seputar sejarah terbentuknya hingga macam-macam candi yang ada disekitarnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengunjungi Tebing Breksi dan Obelix Hills yang tak kalah menariknya. Siswa-siswi MTsN 4 Malang disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam dari Kota Yogyakarta yang sangat indah dan dapat dilihat dari ketinggian. Selain itu, berbagai spot foto menjadi ketertarikan tersendiri bagi siswa-siswi MTsN 4 Malang untuk dapat mengabadikan momen kebersamaan di sosial media masing-masing. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Malioboro, siswa-siswi mengunjungi pusat oleh-oleh kaos dan bakpia pathok, kemudian kembali bertolak ke Malioboro. Siswa-siswi terlihat senang menikmati keindahan dan keramaian Kota Yogyakarta di malam hari.

Tepat pada tanggal 23 Januari 2023, seluruh rombongan Study Tour MTsN 4 Malang sampai di sekolah dengan selamat. Keseluruhan perjalanan Study Tour Malang – Yogyakarta berjalan dengan lancar. Diharapkan dengan Study Tour ini dapat memberikan tambahan wawasan ilmu pengetahuan yang kelak akan berguna bagi siswa di masa mendatang. (VRL)