Bentuk Karakter Siswa, Program Kelas Unggulan MTs Negeri 4 Malang Gelar Fun Camp dan Outbond

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Selama dua hari, Jum’at (17/2/2023) hingga Sabtu (18/2/2023), MTs Negeri 4 Malang mengadakan kegiatan Fun Camp dan Outbond Character Building di Coban Talun, Batu. Kegiatan ini diikuti oleh 157 siswa dari kelas VII, VIII dan IX program kelas Unggulan serta didampingi 15 Bapak Ibu guru pendamping.

Bekerja sama dengan Batu Bumi Adventure, Outbond kali ini mengangkat tema “Standing Up Againts Bullying, Be a Smart Student” yang ditujukan agar siswa selalu menghargai kekurangan dan kelebihan teman sehingga dapat berkolaborasi dan membangun kerja sama tim serta membentuk karakter pelajar yang cerdas.

Kegiatan ini dijadwalkan dalam dua hari satu malam dengan beberapa rangkaian kegiatan yang tak hanya menawarkan keseruan dan keceriaan tetapi juga bermanfaat untuk membangun kerjasama (Teamwork), melatih kepemimpinan (Leadership) dan kekompakan tim. Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan pembentukan kelompok, pendirian tenda, sharing session, games, api unggun hingga penampilan-penampilan menarik dari tiap kelompok.

“Semuanya bisa terjadi, tidak ada yang tidak mungkin. Tergantung sejauh apa kita memiliki mimpi itu. Sekarang yakin dan fokus dengan mimpi anda, yakinkan kalau anda pasti bisa dapetin mimpi anda. Percaya kalau mimpi anda akan jadi kenyataan. Selama kita yakin dan ada didekat Allah, maka Allah akan ada disamping kita” ucap Bapak Gunawan selaku instruktur dalam sharing session.

Dilanjutkan kegiatan hari kedua, yaitu senam pagi dan berbagai fun games hingga adrenalin games seperti flyingfox. Dipandu oleh instruktur, peserta dibagi menjadi beberapa tim yang diberi nama dengan menggunakan nama hewan, seperti harimau, kucing, tikus, dll. Disini kreativitas peserta pun diadu. Mereka diminta untuk membuat yel-yel yang mengekspresikan nama dari masing-masing kelompok. Riuh sorak sorai keseruanpun mewarnai setiap permainan.

Para peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan outbond ini. “Kami siswa-siswi MTsN 4 Malang dibagi menjadi beberapa tim yang kemudian masing-masing tim diberikan satu kantong untuk menyelesaikan challenge. Mulai dari mengisi gelas dengan air, menyalakan lilin, mengumpulkan bola dan meletuskan balon. Terima kasih untuk Batu Bumi Adventure atas kerja kerasnya selama ini, bintang lima untuk mas-mas dan mbak-mbaknya” ungkap Nadia Kamila salah satu peserta outbond.

Kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dari pihak Batu Bumi Adventure kepada MTsN 4 Malang. Dengan diselenggarakan acara ini, siswa-siswi dapat menerapkan projek penguatan profil pelajaran pancasila dengan selalu berkolaborasi, bekerja sama dengan tim, bernalar kritis dan kreatif.