TINGKATKAN KECAKAPAN KEAGAMAAN SISWA, MTSN 4 MALANG GELAR PONDOK RAMADAN

Kab Malang (MTsN 4 Malang) – Menjelang penghujung bulan Ramadan, para peserta didik MTsN 4 Malang masih begitu antusias mengikuti program pembelajaran dan pendalaman kecakapan dalam bidang keagamaan yang dibungkus dengan kegiatan Pondok Ramadan sealama 4 hari, tepatnya pada hari Senin-Kamis (10-13/4/2023) di sekolah tercinta. Kegiatan ini dikemas dengan berbagai mode, mulai dari pembiasaan, pelatihan, pengembangan karakter, dan penumbuhan motivasi.

Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan ingatan peserta didik pada dasar-dasar pengetahuan agama seperti akidah dan fiqih ibadah yang akan menjadi dasar dalam kehidupan seorang muslim. Peserta didik melantunkan nadhom Aqidatul Awam setiap pagi selama pondok ramadan, dan mendapat bimbingan eksklusif berkaitan dengan ubudiyah dasar.

Selain itu program ini juga menanamkan hal-hal krusial yang saat ini harus ditanamkan pada para remaja, yaitu berkaitan dengan penggunaan media sosial, etika dalam bergaul, serta moderasi beragama. Materi-materi tersebut disampaikan oleh beberapa guru yang ahli di bidangnya, dengan harapan peserta didik mampu menjadi sosok muslim/ah yang selain kompeten dalam kecakapan beragama namun juga memiliki jiwa sosial yang baik. Sehingga di masa depan mampu menciptakan lingkungan yang agamis dan toleran.

Dalam pelaksanaan pondok ramadan ini juga terdapat aktualisasi kemampuan siswa dalam bidang dakwah. Di mana beberapa siswa yang memiliki bakat dalam bidang public speaking diberi kesempatan untuk menyampaikan materi keagamaan di deapan teman sejawatnya. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan motivasi para siswa untuk senantiasa meningkatkan soft skill yang mereka miliki agar mampu menjadi kader agama yang militant.