Tebar Berkah Ramadhan, MTsN 4 Malang Berbagi Zakat Fitrah dan 1000 Takjil Gratis

MTsN 4 Malang (Kab. Malang) – Masih dalam rangkaian kegiatan Rakamatsanema (Ramadhan Kareem MTsN 4 Malang 1444 H), selain kegiatan pondok ramadhan, keluarga besar MTsN 4 Malang juga mengadakan kegiatan pendistribusian zakat fitrah, pemberian santunan dhuafa’ dan berbagi takjil yang dilaksanakan pada hari Jum’at hingga Sabtu, 14-15 April 2023.

Pembagian zakat fitrah merupakan agenda rutin yang dilaksanakan MTsN 4 Malang setiap tahun. Zakat fitrah yang telah dikumpulkan dari siswa-siswi serta para guru selanjutnya disalurkan kepada warga fakir miskin yang berada di lingkungan sekitar madrasah tepatnya desa Harjokuncaran. Berdasarkan informasi dari panitia zakat, terdapat 209 warga fakir miskin yang mendapatkan zakat fitrah. Pendistribusian zakat ini dilakukan oleh panitia zakat yang terdiri dari perwakilan dewan guru dan anggota OSIM Matsanema.

Selain pembagian zakat, di hari selanjutnya MTsN 4 Malang memberikan santunan 125 paket bahan makanan pokok kepada dhuafa’ dan guru mengaji di 4 desa diantaranya desa Harjokuncaran, desa Sumbermanjing Wetan, desa Argotirto dan desa Ringinkembar. Pemberian santunan ini dimaksudkan untuk melatih siswa bersedekah dan memotivasi untuk selalu bersyukur meski dalam keadaan apapun.

Dengan berakhirnya kegiatan pada hari Sabtu, (15/04) para siswa yang tergabung dalam anggota OSIM melakukan kegiatan sosial berbagi takjil buka puasa yang didampingi oleh dewan guru dan staff yang mensupport mereka dalam giat berbagi takjil. Mereka menyalurkan sekitar 1000 porsi bakso untuk warga yang melintas di depan MTsN 4 Malang. Mereka mengambil momentum untuk berkontribusi dalam menyemarakan bulan yang mulia dan suci ini dengan berbagi takjil. Terlihat antusias dari masyarakat sekitar yang mana 1000 takjil dapat habis dalam waktu yang cukup singkat.

Menurut bapak Hadi Suwignyo, selaku panitia menyatakan tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat, menjalin kerja sama antara keluarga besar MTsN 4 Malang dengan masyarakat sekitar, menumbuhkan rasa empati siswa dalam berhubungan sosial dan melatih sikap gotong royong yang sesuai dengan penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

“Harapannya mudah-mudahan dengan kegiatan berbagi ini dapat menjadi keberkahan bagi keluarga besar MTsN 4 Malang dan semoga Allah SWT akan menerima segala upaya yang telah kami berikan kepada masyarakat serta dicatat sebagai amal yang baik. Serta semoga siswa-siswi kita dapat mengambil makna dari pentingnya mengeluarkan zakat sebagai kewajiban umat islam dan menumbuhkan kesadaran untuk saling berbagi dengan sesama” ungkap Bapak Hadi.