Tanamkan Cinta Budaya Nusantara, Wisuda MTsN 4 Malang Usung Tema Adat Jawa

Kab Malang (MTsN 4 Malang) – Pada Rabu 14 Juni 2023, MTsN 4 Malang gelar wisuda siswa kelas IX dengan tema budaya nusantara. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kecintaan para peserta didik pada budaya nusantara khususnya budaya jawa, di mana pada era globalisasi ini eksistensi kebudayaan lokal memiliki persaingan yang sangat ketat dengan budaya luar negeri. Sehingga untuk mempertahankan eksistensi budaya lokal, kecintaan para peserta didik terhadap budaya sendiri harus dijaga dan ditingkatkan. Sesuai dengan temanya, acara wisuda ini dimulai dengan cucuk lampah gending kemudian diikuti dengan serangkaian acara lainnya.

Wisuda Angkatan ke 28 ini diikuti oleh 265 siswa-siswi MTsN 4 Malang, dan pada kesempatan ini banyak siswa yang menerima apresiasi dari sekolah atas prestasi mereka baik dari tingkat kabupaten, nasional, bahkan internasional. Diantara pemberian penghargaan pada wisuda kali ini adalah penghargaan prestasi akademik atas 10 besar nilai terbaik ujian akhir yang di raih oleh Wreda Laili Masruroh, Vita Bintang Natasyah, Eliandra Sandrina Azzahra, Annelis Yukha Maharani, Nadya Kamila Fahayya Birroudhoh, Anatasya Febriane Putri, Putri Devi Lia Adha, Disty Ananda Putri Wardani, Chika Nur Rachmani, dan Darista Nova Erdiana.

Selain presatasi akademik, prestasi non akademik pun mendapat apresiasi dalam kesempatan ini, yakni Juara 3 Turnamen Sepak Bola pada Bangkok International Super Cup. Penyerahan penghargaan disampaikan oleh bapak Sahid selaku Kepala Kemenag Kabupaten Malang. Selain menyerahkan penghargaan beliau juga memberikan sambutan pada wisuda MTsN 4 Malang ini, beliau memaparkan akan pentingnya pendidikan dan mendorong para wali murid untuk terus mengawal keberlanjutan jenjang pendidikan para siswa. Beliau menekankan tentang bahayanya pernikahan dini yang saat ini menjadi masalah besar dan menyebabkan berbagai permasalahan yang diantaranya adalah stunting. Beliau juga memotivasi para siswa agar bersungguh-sungguh dalam belajar, dan berharap di masa yang akan datang berbagai posisi penting di Indonesia nantinya akan diduduki oleh para lulusan madarasah khususnya MTsN 4 Malang. Pak Sahid menutup sambutannya dengan harapan semoga MTsN 4 Malang semakin maju dan jaya.

Dalam kesempatan yang sama, bapak Ali selaku kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Malang mengungkapkan bahwa para siswa yang telah lulus dari sekolah ini memiliki bakat yang beragam. Setiap anak memiliki keistimewaan dan kapasitasnya sendiri, maka dari itu ia memotivasi para siswa agar terus mengasah bakatnya dan tidak berhenti di jenjang MTs saja, namun terus berjuang dengan apa yang mereka punya, sehingga dapat mencapai kesuksesan di masa depan. Beliau juga menambahkan agar para lulusan senantiasa menjaga perilaku dan perbuatan mereka serta menjaga nama baik madrasah.

Acara wisuda kali ini dimeriahkan oleh berbagai tampilan dari para siswa, mulai vocal solo, paduan suara yang bertema jawa, dan juga pemutaran video kenangan yang diiringi dengan pembacaan puisi.