SAMBUT HUT RI KE-78, MTSN 4 MALANG GELAR ISTIGHOSAH DAN SANTUNAN YATIM PIATU DAN DHUAFA’

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Pada Jumat 11 Agustus 2023, MTs Negeri 4 Malang menggelar kegiatan Dzikir dan Istighosah dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 serta santunan Yatim Piatu dan dhuafa’. Acara ini bertempat di Pendopo Desa Harjokuncaran dan dihadiri oleh sekitar 1400 orang yang terdiri dari wali murid, siswa-siswi MTsN 4 Malang, Bapak ibu guru MtsN 4 Malang dan bapak ibu undangan.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara Madrasah dengan wali murid dan warga di sekitar MTsN 4 Malang, sebagai wujud syukur terhadap anugerah kemerdekaan RI yang ke 78, serta meningkatkan kepedulian sosial dengan cara memuliakan anak yatim.

Acara tersebut dimulai dengan aqidatul awam oleh siswa-siswi MTsN 4 Malang, pembacaan dzikir dan istighosah yang dipimpin oleh Bapak Saiful Arofik, Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh Bapak KH Isnandar dari Turen, dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 41 anak yatim.

Bapak KH Isnandar, dalam sambutannya menyampaikan tentang bagaimana sebagai orang tua melakukan amalan-amalan agar anaknya menjadi sholeh dan sholehah serta kepada anak-anak disampaikan tentang bagaimana ciri-ciri anak sholeh.

“Cirinya anak sholeh itu ada empat. Yang pertama adalah lisan, tutur katanya lembut. Yang kedua, ia memuliakan orang tuanya. Yang ketiga, sayang terhadap anak-anak kecil termasuk dengan saudaranya ia juga berperilaku baik. Yang keempat, beramal dengan ikhlas” ucap beliau.

Selain itu, beliau juga mengingatkan pentingnya kepedulian terhadap anak yatim dan mengajak para hadirin untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Di dalam Al Quran Allah mengingatkan sebagai umat muslim sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menyantuni, mengasihi dan memberikan bantuan kepada anak yatim. Hal tersebut bisa dilakukan tidak hanya dengan uang tetapi bisa dengan berbagi ilmu pengetahuan, memberikan kehangatan keluarga dan hal baik lainnya.

Dalam suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan, acara santunan anak yatim berlangsung dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Melalui kepedulian dan kasih sayang yang diberikan kepada anak-anak yatim, acara ini menjadi bukti nyata betapa pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama. Diharapkan semangat kebaikan dan kepedulian dapat terus menginspirasi untuk berbuat baik dan membantu mereka yang membutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.