Jihad Santri Jayakan Negeri, MTsN 4 Malang Gelar Apel Peringatan Hari Santri Nasional

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 Penetapan tanggal 22 Oktober yang diperingati sebagai Hari Santri Nasional, MTsN 4 Malang turut memperingati momentum tersebut dengan mengadakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di Lapangan madrasah (20/10/2023).

Apel Upacara tersebut diikuti oleh siswa kelas 7, 8, 9 dan seluruh guru serta tenaga kependidikan MTsN 4 Malang. Dengan mengenakan pakaian bernuansa putih serta memakai sarung bagi laki-laki merupakan bentuk simbolis dalam peringatan hari Santri tersebut.

Pada Hari Santri Nasional 2023 ini, tema yang diusung yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini mengangkat pesan untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri dalam melawan para penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas seperti sekarang, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual di era transformasi digital.

Dalam apel peringatan hari santri tersebut, Kepala Madrasah MTsN 4 Malang Bapak Ahmad Ali menyampaikan amanat bahwasannya sosok santri memiliki peran menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral yang baik. “Sebagai seorang santri, kalian harus menjaga sholat dan berakhlakul karimah. Termasuk juga bersikap sopan santun kepada orang tua dan guru, serta menjaga persaudaraan dengan sesama teman untuk menghindari tindakan perundungan”.

Di akhir kegiatan apel, terdapat penampilan tari Javeen dan tari Melayu yang turut meramaikan perayaan Hari Santri Nasional. Diharapkan dengan peringatan ini, para santri dapat merenungkan dan mengamalkan semangat jihad dalam kehidupan sehari-hari untuk memerangi kebodohan, menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.