Program Kelas Unggulan Matsanema Beraksi dalam X-Cellent Go!

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Pembelajaran tidak hanya melulu belajar di dalam kelas, namun dapat melalui pembelajaran menarik yang dilakukan di luar kelas. Pada Jumat, 27 Oktober 2023, program kelas Unggulan MTsN 4 Malang telah mengadakan program pembelajaran yang menarik dan interaktif yaitu X-Cellent Go!. Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh seluruh siswa kelas unggulan yang terdiri dari kelas 7A, 8A, 9A dan 9C.

X-Cellent Go pada kali ini mengangkat tema “X-Cellent Go! : Explore Your Knowledge “Math, Science & English”. Sebuah pembelajaran berbasis Barcode yang di adopsi dari Permainan di Play Store dan APP Store “Pokemon Go” yang kemudian dimodifikasi kedalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).  Materi yang tersampaikan kepada siswa terdiri dari Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Teknis Permainan yang digunakan yaitu siswa dibagi menjadi 13 kelompok. Dimana diisetiap tempat/Negara siswa diminta untuk men scan barcode yang di dalamnya terdapat instruksi dan masalah yang harus dipecahkan oleh siswa secara berkelompok. Terdapat 13 masalah yang harus pecahkan oleh setiap kelompok yang semuanya terdiri dari 3 materi (IPA, Matematika & Bahasa Inggris). Semua petunjuk di dalam barcode menggunakan bahasa Inggris.

Dengan model pembelajaran seperti ini siswa diharapkan mampu berpikir kritis (Critical Thinking) dan memecahkan masalah secara terstruktur serta melatih kekompakan dan kerja sama yang baik dengan sesama teman.