Perluas Wawasan Sejarah Sembari Berwisata, MTsN 4 Malang Laksanakan Study Tour Goes To Yogyakarta

Kab. Malang (MTsN 4 Malang) – Study Tour merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan MTsN 4 Malang untuk memperluas pengetahuan dan wawasan peserta didik yang dikreasikan melalui karya wisata. Pada hari Rabu hingga Kamis, 8-9 November 2023, MTsN 4 Malang melaksanakan Study tour dengan kota tujuan Surabaya dan Yogyakarta.

Study tour diikuti oleh seluruh peserta didik kelas IX yang berjumlah sekitar 180 orang dan seluruh Guru, tenaga pendidik serta karyawan selaku pendamping. Peserta study tour bertolak dari Madrasah menuju Yogyakarta pada pukul 16.00 menggunakan 4 armada bus dengan didampingi guru pendamping pada tiap busnya.

Pada rabu malam, rombongan MTsN 4 Malang tiba di makam Sunan Ampel yang bertempat di Surabaya. Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah (Raden Rahmat) merupakan salah satu diantara wali songo yang menyebarkan agama di Islam di Nusantara tepatnya di tanah Jawa. Di tempat ziarah, seluruh peserta study tour melaksanakan sholat berjamaah dan dzikir bersama yang diharapkan agar keluarga besar MTsN 4 Malang mendapatkan berkah dan hikmah dari kegiatan napak tilas tersebut.

Di hari kedua, rombongan MTsN 4 Malang berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Yogyakarta. Diantaranya Candi Prambanan, The Lost World Castle dan Merapi Park. Selain menyediakan spot foto yang menarik, peserta didik bisa belajar terkait sejarah, mendapatkan sumber informasi secara langsung, mendapatkan pengalaman menarik yang pastinya tidak ditemukan di kelas dan juga sebagai wadah rekreasi.

Diakhiri dengan kunjungan wisata yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Malioboro. Tempat yang tak hanya sarat kisah dan kenangan, namun juga menjadi surga cinderamata di jantung Kota Jogja. Seluruh peserta didik diberikan kesempatan untuk jalan-jalan dan berbelanja oleh-oleh. Ditambah banyaknya spot foto dan berbagai spot bermain yang juga turut menambah keseruan dalam study tour kali ini.

Peserta didik tiba kembali di Madrasah pada Jum’at pagi. Ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan peserta didik dapat menjadi bekal betapa beragamnya ilmu yang dapat dipelajari di negara ini.