MTsN 4 Malang Berkolaborasi Dengan Kepolisian Gencarkan Gerakan Anti Bullying dan Narkoba

Kab Malang (MTsN 4 Malang) – Selain perkembangan ilmu pengetahuan, pengembangan kualitas karakter dalam diri para siswa merupakan salah satu tujuan dari pendidikan yang diberikan di madrasah. Dengan berbagai arus tantangan zaman berserta problematikanya terutama yang berkaitan dengan maraknya bullying dan pengguaan narkoba, maka kali ini MTsN 4 Malang berkolaborasi dengan Kepolisian Sektor Sumbermanjing Wetan mengadakan penyuluhan terkait narkoba dan bullying serta bahayanya untuk para siswa dan masa depan mereka.

Penyuluhan ini dilakukan langsung oleh Bapak Kapolsek Sumbermanjing Wetan dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berkaitan dengan bullying dan sesi kedua berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba. Dalam sesi pertama penjelasan mengenai bullying terlaksana dengan antusiasme para siswa yang begitu besar, hal ini ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan yang terlontar dari para siswa, mulai dari bagaimana tindakan yang harus diambil ketika menyaksikan bullying atau menjadi korban bullying dan mendapat ancaman atas hal tersebut. Dalam sesi diskusi tersebut, juga dibahas mengenai bagaimana cara untuk mengatasi trauma para korban bullying. Sesi ini ditutup dengan penegasan akan efek negative dari bullying dalam diri seseorang, maka dengan hal ini para siswa ditekankan untuk menghindari segala tingkah laku yang mendekati bullying.

Dalam sesi kedua yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba, Bapak Kapolsek menjelaskan tentang berbagai macam jenis narkotika agar para pelajar mengenali dan dapat menghindari ajakan ajakan untuk menggunakan obat-obatan tersebut yang bisa datang dari arah yang tidak terduga. Beliau juga menegaskan mengenai bahaya-bahaya obat-obatan tersebut bagi masa depan para pelajar, dan konsekuensi hukuman yang akan mereka peroleh jika dengan sengaja menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Sesi ini diakhiri dengan penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan saat kita mendapati penggunaan narkotika di sekitar kita, pemateri juga menegaskan bahwa pelapor untuk tindakan tersebut akan dirahasiakan identitasnya, sehingga tidak perlu ada rasa takut untuk melaporkan hal-hal yang memang dirasa melanggar hukum yang ada.

Bapak Johanes Amin selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter dan mental para pelajar agar selalu berperilaku sesuai dengan ajaran agama, memiliki etika sosial yang baik, dan terhindar dari hal-hal buruk yang fatal seperti penyalahgunaan narkoba. Di mana hal-hal tersebut merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mengantarkan peserta didik menjadi  generasi emas di masa depan.