Edukasi Parenting dan Urgensi Pendidikan Bersama Profesor Muslihati

Kab Malang (MTsN 4 Malang) – Pada hari Jum’at 19 April 2024, MTsN 4 Malang mengadakan kegiatan pembinaan untuk para siswa dan wali siswa kelas 9. Hal ini berkenaan dengan KBM siswa kelas 9 yang akan segera usai dengan datangnya asesmen madrasah yang akan diselenggarakan pada pekan depan. Kegiatan ini diharapkan menjadi forum pembelajaran pamungkas yang dipersembahkan madrasah bagi para siswa dan wali murid untuk membangun kembali pemahaman-pemahaman yang berkaitan dengan pola asuh anak, dan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Dengan harapan besar setelah lulus dari madrasah, para wali siswa mampu mengantarkan anak-anak menuju pribadi yang lebih baik dengan pendidikan yang terbaik, sehingga mampu mencetak generasi yang berkualitas di masa depan.

Kegiatan ini dibuka dengan istighosah yang dipimpin oleh Ustadz Wahid yang merupakan pengasuh ma’had MTsN 4 Malang, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Budi selaku wakil dari bapak kepala sekolah yang berhalangan hadir pada acara tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dari bapak kepala sekolah yang berkaitan dengan himbauan untuk para wali murid agar turut serta dalam menangani kasus pernikahan dini dengan tetap memberikan kesempatan dan mengarahkan anak-anak untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Dalam hal ini beliau juga berpesan agar orang tua juga senantiasa mengawasi ubudiyah anak-anak yang merupakan aspek utama dalam kehidupan umat muslim.

Narasumber dalam acara ini adalah salah satu guru besar dari Universitas Negeri Malang yaitu Prof. Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd. Beliau membuka materi kali ini dengan sangat atraktif, sehingga para siswa sangat semangat dalam menerima materi ini. Prof Muslihati menegaskan bahwa urgensi pendidikan tidak memandang gender, pendidikan amat sangat penting baik untuk laki-laki maupun perempuan. Dan pendidikan juga menjadi jalur utama yang harus ditempuh untuk memanfaatkan bonus demografi yang akan segera didapatkan Indonesia agar mampu meraih era keemasan yang diimpikan. Beliau menjelaskan secara rinci bagaimana pendidikan mampu membawa kehidupan seseorang menjadi semakin baik, dan bagaimana efek negatif saat pendidikan seorang anak tidak dimaksimalkan dengan baik.

Edukasi pola asuh anak dalam kesempatan ini juga menjadi poin besar yang disampaikan oleh Prof Muslihati, beliau memaparkan bagaimana para nabi mendidik putranya dan menjabarkan pola yang bisa diterapkan untuk anak-anak. Beliaupun menekankan bahwa riyadloh dan doa orang tua sangat berperan penting dalam kesuksesan seorang anak. Sesi materi ini kemudian ditutup dengan ajakan beliau untuk para siswa agar memunajatkan doa dan impian-impiannya diiringi dengan fatihah dari para wali murid. Sesi ini menjadi sangat hikmat dan menjadi penutup yang sempurna untuk kegiatan parenting tahun ini.