Teguhkan Ubudiyah Dan Moderasi Beragama Secara Bersamaan Dalam Pondok Ramadhan

Kab Malang (MTsN 4 Malang) – Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan menjadi anugrah istimewa yang diberikan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Dan ia menjadi waktu yang sangat sempurna untuk meningkatkan kualitas penghambaan seorang muslim kepada Rabb-nya. Maka dalam rangka memfasilitasi hal tersebut, MTsN 4 Malang mengadakan kegiatan pondok ramdhan yang pada tahun ini fokus untuk mengevaluasi ubudiah para siswa yang mencakup tata cara sholat, doa sehari-hari, bacaan al-qur’an dan lain lain. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kembali para siswa mengenai kualitas ibadah mereka sebagai seorang muslim.

Kegiatan pondok Ramadhan ini dimulai pada tanggal 13 Maret 2024 dan dibuka serentak oleh Kementerian Agama Kabupaten Malang, dan berlangsung selama tiga hari. Dimulai pada jam 7 pagi dengan sholat duha berjamaah, disusul dengan pembacaan klasikal ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan materi dan praktek ubudiah.

Selain penguatan dan peningkatan kualitas ibadah para siswa, dalam pondok Ramadhan kali ini MTsN 4 Malang juga menguatkan nilai-nilai moderasi beragama pada para siswa yang saat ini menjadi concern kementerian agama baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan penanaman moderasi kepada siswa, diharapkan mereka menjadi individu yang memiliki jiwa toleransi yang cukup saat menghadapi berbagai jenis perbedaan yang akan mereka temui di masyarakat. Sehingga dalam bersosialisasi mereka sudah mengetahui bagaimana cara menyikapi perbedaan dengan baik tanpa terpengaruh dengan perbedaan tersebut.

Kegiatan yang mengusung peneguhan ubudiyah dan moderasi siswa secara bersamaan ini diharapkan mampu mencetak generasi muslim yang tangguh dalam mempertahankan nilai-nilai agama, optimal dalam spiritual, namun tetap toleran akan perbedaan. Hal inilah yang kemudian akan menjadi cerminan umat Islam yang kita dambakan bersama dan dengan hal tersebut mampu menjaga kesatuan negara tercinta.