Meriahkan Hari Pramuka MTs Negeri 4 Malang Gelar Upacara Di Alun-Alun Desa Harjokuncaran

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Harjokuncaran – Upacara Hari Pramuka yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus kali ini MTsN 4 Malang melaksanakannya di lapangan alun-alun Desa Harjokuncaran Rabu, (14/08).

Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana dibentuk pada tahun 1961. Berawal dari sejarah Presiden Soekarno yang menggabungkan semua organisasi kepanduan dalam satu wadah. Rencana tersebut untuk menyatukan berbagai organisasi gerakan pemuda yang ada di Indonesia. Yang untuk mewujudkan itu semua dibentuklah panitia yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Prof. Dr. Prijono, Achmadi, Moeljadi Djojomartono, dan Dr. Azis Saleh.

Dikutip dari pramukaria.id, pada tanggal 14 Agustus 1961 dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-Panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.000 Pramuka. Sehingga peristiwa tersebut diperingati sampai sekarang.

Warna seragam cokelat sengaja dipilih sebagai simbol kepahlawanan sehingga salah satu tujuannya adalah agar para anggota pramuka tidak pernah melupakan para pahlawan yang gugur membela tanah air.

Dalam rangkaian upacara yang juga diakhiri oleh atraksi anggota Pramuka BIMA, Lukito, S.Pd selaku pembina menyampaikan sambutan dari Ka Kwarnas yang bertema “Bersama Segenap Komponen Bangsa Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” (KA)

 

 

More to explorer