Menjawab Tantangan Zaman, MTsN 4 Malang Gelar PTS Berbasis Komputer

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Harjokuncaran – Inovasi dan Langkah maju kembali dilaksanakan oleh MTs Negeri 4 Malang, selain mendidik siswa/siswinya untuk menjadi anak yang berkualitas, juga sebagai bentuk kepedulian tinggi memajukan dunia pendidikan wilayah Malang selatan MTs Negeri 4 Malang melaksanakan Penilaian Tengah Semester berbasis komputer mulai Senin (7/10). ‘’Ini sudah kali kedua kita melaksanakan Penilaian Tengah Semester berbasis computer, semoga kegiatan positif semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya, ,’’ ujar Waka Kurikulum MTs N 4 Malang, Maslikati.

‘’Hal itu guna menjawab tantangan digitalisasi di lingkungan madrasah yang menuntut kecepatan sekolah menyesuaikan diri dengan perkembangan dan mencapai MTs Negeri 4 Malang yang dapat bersaing dalam menciptakan generasi yang unggul,’’lanjutnya. PTS CBT yang dilaksanakan juga sejalan dengan konsep sekolah sehat yang diusung MTs Negeri 4 Malang yang menginginkan untuk mengurangi penggunaan kertas atau bisa disebut dengan paperless, sehingga juga mendukung program madrasah go green.

Sejak tahun 2017 MTs Negeri 4 Malang telah menambah laboratorium komputernya menjadi 3 lab yang dapat menampung sekitar 115 unit komputer dan didukung dengan SDM yang mumpuni dalam mendukung proses pembelajaran berbasis IT.

Kepala MTs Negeri 4 Malang, Drs. Ahmad Ali, M.M mengatakan “Madrasah sebagai sekolah Islam tidak hanya memiliki tanggung jawab dalam hal pendidikan agama dan moral, tetapi juga teknologi. Maka dari itu, sekolah berciri khas Islam ini harus merespons perkembangan zaman dengan cara yang kongkret, di antaranya memasukkan unsur – unsur teknologi dalam proses pembelajaran di madrasah.

Salah seorang siswa Kelas IX, Bayu Aji mengaku senang dengan pelaksanaan PTS berbasis komputer ini. Selain lebih ringkas, juga tidak ada contek menyontek dan tidak membutuhkan kertas.”Cara kerjanya juga sangat mudah pengoperasiannya. Selain itu kita juga semakin familiar dalam mengoperasikan komputer sehingga akan memudahkan kita ketika nanti menghadapi UNBK,” tutur siswa dari kelas IX B ini. (DMA)

More to explorer

WhatsApp chat