Menceritakan Kembali Sejarah dan Makna Dasa Dharma Pramuka

Facebook
Twitter
LinkedIn

Kab. Malang (MTsN 4 Malang)-Sebuah komitmen akan sikap dan perbuatan yang selalu dipegang teguh oleh setiap anggota pramuka yaitu Dasa Dharma Pramuka.

Dasa Dharma. Dua kata yang sudah tidak asing lagi di telinga. Sejak duduk di bangku sekolah dasar kita sudah dikenalkan melalui Gerakan Pramuka. Namun, tahukah kamu apa itu Dasa Dharma? Dasa Dharma merupakan sepuluh sikap yang harus dimiliki oleh seorang anggota Pramuka.

Dasa artinya sepuluh dan “Dharma” yang salam Bahasa Sansekerta berarti kewajiban atau aturan baik. Sehingga bila digabungkan, Dasa Dharma berarti sepuluh kewajiban yang harus dilakukan sebagai wujud kebaikan.

Sejarah Lahirnya Dasa Dharma

Terdapat proses yang panjang di balik terbentuknya Dasa Dharma Pramuka yang saat kini kita ketahui. Perubahan tidak hanya satu atau dua kali dilakukan untuk menentukan isi Dasa Dharma yang ideal dan juga relevan untuk kehidupan.

Rumusan Dasa Dharma pertama kali diberikan oleh Panitia V Pembentukan Gerakan Pramuka pada tahun 1961 dan bertahan hingga tahun 1966. Selanjutnya Dasa Dharma mengalami perubahan mulai pada tahun 1966, 1974, 1978, dan yang terakhir pada tahun 2009. Perubahan di tahun 2009 lah yang kita kenal sampai dengan saat ini.

Makna dan Pembelajaran pada Setiap Dharma

1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Aggota pramuka harus memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Anggota pramuka diharuskan untuk selalu menjalankan perintah serta menjauhi larangan Tuhan, dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, serta memiliki sikap toleransi.

2. Cinta alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Setiap anggota pramuka harus memiliki sifat cinta serta kasih. Sikap ini tidak hanya ditunjukkan pada manusia saja, tetapi juga kepada seluruh makhluk hidup termasuk hewan dan juga tumbuhan.

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria

Sikap seorang patriot dan kesatria ini menandakan bahwa setiap anggota pramuka harus mempunyai sifat sopan dan santun, yang merupakan cerminan diri dari setiap anggota pramuka.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Dengan sikap patuh setiap anggota tidak boleh menolak serta harus siap dalam melakukan perintah apapun yang diberikan.

Serta dalam mengambil keputusan setiap anggota pramuka harus berdasarkan pada asas musyawarah guna untuk mencapai kata mufakat.

5. Rela Menolong dan Tabah

Dengan sikap ini, setiap anggota pramuka harus mempunyai rasa kemanusiaan yang tingga untuk bisa menolong setiap makhluk hidup yang sedang berada dalam kesusahan.

Selain mempunya rasa rela menolong, juga harus memiliki sikap tabah dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap musibah dan cobaan.

6. Rajin, Terampil, dan Gembira

Setiap anggota pramuka harus memiliki sikap rajin dalam melakukan segala aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap terampil sangatlah dibutuhkan oleh setiap anggota pramuka yang berguna untuk memecahkan setiap permasalahan yang muncul. Serta sikap yang gembira dimiliki dalam mengerjakan sesuatu.

7. Hemat, Cermat, dan Bersahaja

Setiap anggota pramuka dan cermat sehingga tidak terbiasa dalam menghambur-hamburkan maupun boros.

8. Disiplin, Berani, dan Setia

Setiap anggota harus memiliki sikap disiplin dalam melakukan segala sesuatu dalam kehidupannya. Anggota pramuka juga harus memiliki sikap berani dalam menghadapi setiap tantangan dan setia untuk menjunjung tinggi panduannya.

9. Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya

Setiap anggota harus memiliki sikap tanggung jawab dalam segala sesuatu yang dilakukan. Serta setiap anggota harus dapat dipercaya dan tidak menghianati kepercayaan yang diberikan.

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Setiap tingkah laku anggota pramuka harus memiliki pikiran, perkataan, serta perbuatan yang baik. anggota pramuka diharapkan bisa menjadi suri tauladan bagi seluruh masyarakat, dengan begitu mereka harus tetap mengontrol berbagai perkataan, perbuatan, serta pikiran yang buruk.

More to explorer

PPDB MTS NEGERI 4 MALANG 2023/2024

Mari Bergabung Menjadi Keluarga Besar MTs Negeri 4 Malang SYARAT PENDAFTARAN PPDB MTs NEGERI 4 MALANG 2023/2024 Persyaratan untuk mendaftar : Pendaftaran