Sinau Wisata Wali Lima di Penghujung Semester Ganjil

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Harjokuncaran – Pertengahan bulan Desember 2017 tepatnya di hari yang ke 13, matsanema melakukan agenda ziarah wali lima dengan tema Sinau Wisata Wali Lima. Agenda yang merupakan program dari pengembang bidang keagamaan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 beserta bapak ibu dewan guru wali kelas.

Dalam rangkaian agenda tersebut tampak bahwa siswa sangat antusias dan mengikuti dengan tertib. Masing-masing siswa selain berkunjung atau ziarah makam mereka juga diberikan materi-materi sebagai modal untuk mengamati tempat-tempat wisata religi tersebut yang nantinya untuk mereka laporkan sebagai tulisan dalam bentuk karya tulis.

Selain itu juga siswa dikenalkan dan sekaligus praktik materi fikih tentang bangaimana tata cara melaksanakan sholat jama’ dan sholat qoshor ketika dalam perjalanan, sehingga nantinya diharapkan mereka sudah siap ketika lulus dari madrasah, jelas bapak Ahmad Nuri selaku ketua pelaksana wisata tersebut tersebut.

Jalur singgah yang dilalui yang pertama adalah masjid besar Surabaya di mana siswa diajak untuk melaksanakan sholat dhuha, makam Sunan Ampel, Sunan Derajad, Sunan Giri, Sunan Asmorokondi, lalu dilanjutkan ke makam Sunan Bonang.

Sebagai pemateri, bapak Nur Salim menegaskan perlu adanya wisata tersebut untuk mengenang serta menapaki tilas sejarah agama Islam nusantara sebagai wujud syukur atas perjuangan para auliya’ di tanah Jawa.

More to explorer